Daun Stevia, Pemanis Alami yang 'Ramah' untuk Penderita Diabetes

Senin, 19 Maret 2018 - 20:06 WIB
Daun Stevia, Pemanis Alami yang Ramah untuk Penderita Diabetes
Daun Stevia, Pemanis Alami yang 'Ramah' untuk Penderita Diabetes
A A A
JAKARTA - Gula atau makanan manis dinilai menjadi salah satu penyebab munculnya berbagai macam penyakit, khususnya degenerative, mulai diabetes hingga obesitas atau kegemukan. Akibatnya, banyak orang memilih untuk menghindari makanan ini.

Padahal, Anda tetap bisa makan enak tanpa harus mengorbankan kelezatan hidangan yang akan diolah. Salah satunya dengan menerapkan gaya hidup sehat dengan lebih memperhatikan pilihan bahan makanan dan kandungannya. Contohnya, mengganti gula dengan stevia sebagai pemanis alami.

"Stevia adalah bahan pemanis alami yang sedang digemari. Daun stevia rasa manisnya 300 kali dari gula biasa dan manis banget," ujar Spesialis Gizi, dr. Diana F. Suganda, M.Kes, SpGK saat acara peluncuran kecap Bango Light di kawasan Sudirman, Jakarta.

Menariknya, meski 300 kali lebih manis dibandingkan gula biasa, namun dr. Diana mengatakan daun stevia aman dikonsumsi, termasuk bagi mereka yang tengah mengidap penyakit diabetes dan hipertensi. Pasalnya, selain berasal dari bahan alami, daun stevia juga diolah menjadi ekstrak sehingga baik untuk kesehatan.

"Tapi karena dia dari daun, jadi kalorinya kecil sekali. Artinya ini sangat aman untuk menjadi penggati gula. Nggak masalah karena dia dari bahan alami yang diekstrak. Masih aman ko. Karena dari bahan alami jadi aman sekali, bahkan buat orang sakit aman," tandasnya.
(tdy)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5518 seconds (0.1#10.140)